memilih baterai handphone

Memilih Baterai Smartphone yang Tahan Lama

Posted on

Baterai handphone – Perkembangan teknologi smartphone yang cukup pesat dari sisi spesifikasi dan software yang beraneka ragam tidak diimbangi oleh teknologi baterai yang sepertinya masih jalan di tempat. Banyak orang, termasuk Anda sepertinya kecewa dengan daya tahan baterai smartphone yang bisa dibilang cukup pendek. Baru aja seru-seruan mainin smartphone, eh beberapa jam kemudian udah lowbatt aja.

Saat Anda mencari baterai smartphone baru baik untuk menganti yang lama atau untuk cadangan sebaiknya perhatikan beberapa hal berikuti ini agar tidak salah dalam memilih baterai handphone.

memilih baterai handphone

  • Jenis baterai smartphone

Saat ini sebagian besar smartphone menggunakan baterai berjenis Lithium-ion atau yang biasa disingkat dengan Li-Ion. Namun beberapa smartphone terbaru juga tidak sedikit yang menggunakan baterai berjenis Lithium-ion Polymer yang sering disingkat Li-Po. Baterai Li-Ion mampu menyimpan daya lebih banyak dan lebih lama jika dibandingkan dengan baterai Li-Po. Selain itu, biaya produksi baterai Li-Ion juga lebih murah.

Di sisi lain, baterai Li-Po hadir dengan teknologi yang lebih mutakhir dibandingkan dengan baterai Li-Ion. Baterai ini lebih tipis dan lebih ringan sehingga banyak digunakan pada smartphone berbodi tipis dan ramping. Selain itu, baterai Li-Po juga lebih kuat dan tidak mudah rusak jika dibandingkan dengan jenis baterai lainnya.

  • Kapasitas baterai

Kapasitas baterai sendiri ditulis dalam satuan mAh (milliampere-hour), seperti 1500 mAh, 2000 mAh, dan lainnya. Semakin besar angka tersebut maka semakin besar pula kapasitas yang dimilikinya. Baterai smartphone juga ada yang bisa dilepas (removable) dan tidak bisa dilepas (non-removable).

  • Pertimbangkan baterai original

Jika Anda Saat membeli baterai smarphone original sebaiknya perhatikan letak penempelan stiker pada baterai. Baterai original cenderung lebih rapi dan merekat sempurna. Jika penempelan stiker hologram kurang rapi, sebaiknya Anda perlu mempertimbangkannya lagi. Anda bisa juga melihat bayangan kilauan dari stiker hologram baterai original. Bayangan tersebut akan terlihat ketika Anda menggoyangkan ke berbagai arah atau sudut pandang.

Selain pada stiker hologram, juga Anda bisa memperhatikan tulisan pada badan baterai. Hal ini cukup sulit mengingat produk palsu juga hampir sempurna. Coba lebih teliti untuk membaca huruf demi huruf. Pada baterai original, setiap hurufnya akan terlihat sangat jelas dan terang. Sedangkan pada baterai yang non-original, terkadang tidak sejelas dan seterang baterai aslinya.

memilih baterai handphone

  • Cari penjual yang terpercaya

Tidak semua distributor, penjual itu nakal. Kenali di mana dan siapa yang akan Anda tuju untuk membeli baterai original. Reputasi penjual atau distributor tentunya bisa dilihat dengan seberapa terkenal baik mereka atau ketika banyak yang merekomendasikannya pada Anda. Penjual atau distributor yang terpercaya bisa membantu Anda untuk mendapatkan baterai original.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat mencari baterai smarphone. Semoga artikel di atas bermanfaat dan berguna bagi Anda saat sedang mencari baterai smartphone yang tahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *