10 Tips Hemat Kuota Data 4G Di Android Termanjur dan Terampuh

Mengikuti perkembangan zaman yang semakin menua ini, banyak smartphone yang menggunakan kartu berkapasitas 4G sebagai pilihannya. Dengan kemudahan yang di dapat serta kecanggihan yang ada, kartu ini banyak digandrungi oleh masyarakat. Kartu berkapasitas 4G ini telah digunakan dan dapat diperoleh dari beberapa kartu yang tersebar di Indonesia. Meskipun demikian, terkadang ada juga yang tidak menggunakan kartu ini, karena faktor sinyal yang tidak mendukung.

Kartu 4G telah menjadi favorit kalangan masyarakat, dengan kecepatan internetnya yang luar biasa walau tidak menggunakan WiFi. Kartu ini ditemukan oleh anak bangsa tahun 2015. Dengan boomingnya kartu ini, masyarakat lebih terbantu dengan adanya kapasitas internet yang super cepat. Di samping itu, dengan internet yang berjalan cepat, kuota akan tersedot dengan cepat. Maka dari itu, seseorang terkadang tidak menggunakan kartu secara maksimal dan selalu ada batasan. Kali ini kami akan menginformasikan mengenai permasalahan tersebut dengan topik 10 Tips Hemat Kuota Data 4G Di Android. Semoga bermanfaat!

Tips Hemat Kuota Data 4G Di Android

Hemat kuota data terkadang dilakukan karena faktor yang tidak jelas. Memang di samping dapat menggunakan dalam jangka waktu yang lama, menghemat kuota juga dapat mengurangi pengeluaran. Maka, simak pembahasan kami mengenai cara menghemat kuota data.

1. Gunakan Browser Ringan

Cara pertama yang dapat kamu lakukan yaitu dengan menggunakan browser dengan kuallitas ringan. Dengan kata lain, kualitas daya sedot kuota pada browser tidaklah tinggi. Ada bermacam-macam aplikasi dengan browser paling ringan, salah satunya yaitu UC Browser. Aplikasi ini sangat hemat data di android, tetapi cara kerjanya lebih cepat. Ada juga aplikasi lain yang dapat kamu pilih, dengan mengunduhnya di Google Play Store di ponselmu.

Selain itu, cara ini sering kali digunakan jika terdesak dengan memiliki kuota yang hanya sedikit. Dengan sedikit menghemat, kuotamu akan sedikit terlindungi dari ancaman (kuota habis). Selamat mencoba.

2. Tidak Terlalu Sering Bermain Game Online

Cara yang kedua yaitu dengan tidak terlalu sering bermain game online di ponsel. Remaja sering kali mengeluh dengan keadaanya, karena kuota cepat habis setelah digunakan untuk bermain game terus menerus. Selain tidak begitu penting untuk dilakukan dan membuang waktu, bermain game terus menerus juga tidak baik untuk kesehatan. Tetapi tidak salahnya jika bermain game hanya untuk membuang rasa lelah setelah melakukan pekerjaan. Atau lebih tepatnya jika kamu bijak, kamu akan menggunakan perantara internet yang lebih murah, misalnya WiFi. Selamat mencoba.

3. Non-Aktifkan Update Otomatis Dari Google Play Store

Cara ketiga yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mengatur pengaturan yang terdapat di ponsel. Dengan mematikan fitur Update Otomatis. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya suatu aplikasi melakukan ubdate secara diam-diam dan mendadak melalui data atau kuota yang kamu miliki. Tetapi jika kamu bersih keras ingin melakukan ubdate sebaiknya melakukan pengaturan ubdate hanya melalui WiFi. Jika kamu mengininkan hal ini, maka lakukan cara sebagai berikut. Dengan membuka aplikasi Google Play Store > menu Setelan > menu Ubdate Aplikasi Secara Otomatis > pilih menu Jangan Ubdate Aplikasi Secara Otomatis. Sangat mudah bukan? Jika kamu mencobanya secara langsung, kamu mungkin tidak akan memerlukan bantuan. Dan untuk pemberitahuan lainnya yaitu selamat mencoba.

4. Memanfaatkan WiFi Yang Ada

Hal keempat yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menggunakan WiFi jika ada di sekitarmu. Hal ini memang terkadang sedikit susah dan sangat jarang ditemui jika tidak di Telkom. Meskipun ada d wilayah kampung atau sekitarnya, terkadang sandinya diamankan. Jadi jika kamu beruntung mandapatkan layanan WiFi gratis, gunakan sebijak mungkin, karena hal-hal seperti ini tidak selamanya terjadi. Hal yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mengupdate semua aplikasi yang ada di Google Play Store. Dengan begitu, kamu akan terbebas dari ancaman ubdate otomatis jika menggunakan kuota 4G. Selamat mencoba.

5. Non-Aktifkan Sinkronisasi Data

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah Menon-aktifkan Sinkronasi Data. Mengapa harus dilakukan? Karena, terkadang jika sinkronasi pada sebuah aplikasi masih aktif maka semua data yang dalamnya akan diberitahukan kepada pemiliknya. Maka dari itu, jika kamu tidak ingin kehabisan kuota dengan hal seperti ini lakukan penon-akifan sinkronisasi data. Aplikasi yang terkadang aktif diponselmu yaitu akun email, sosmed, messenger, BBM, WA, Line, dan lain-lain. Bagaimana caranya melakukan hal tersebut? Dengan membuka menu Pengaturan (setelan) > menu Akun dan Sinkronisasi > menu Matikan Sinkronisasi Data Otomatis. Sangat mudah bukan? Hal tersebut terkadang berbeda di setiap ponsel. Jadi sesuaikan dengan ponselmu. Selamat mencoba.

6. Non-Aktifkan Data Seluler Saat Tidak Digunakan

Langkah keenam yang dapatkamu lakukan yaitu dengan melakukan hal ini. Cara ini memang telah familiar di kalangan remaja, dengan memetikan fitur data jika tidak digunakan. Hal ini bertujuan untuk menghindari data-data dari aplikasi lain memberi notifikasi, sehingga akan mengurangi data yang ada.

Selain kamu dapat menghemat data, kamu juga dapat kelebihan lainnya dengan mematikan fitur ini, yaitu dapat menghemat baterai kerena ponselmu tidak terhubung dengan situs internet secara terus menerus. Cara ini sangat ampuh dan manjur untuk menghemat data kuota internet 4G. Bagaimana caranya? Dengan membuka menu Pengaturan (setelan) > menu Data Seluler > Matikan Data Seluler. Dan untuk cara yang lebih mudah dengan mematikannya langsung di fitur yang ada di atas ponselmu dengan menggesernya. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba.

7. Gunakan Fitur Hemat Data Pada Aplikasi

Cara yang ketujuh menghemat kuota yaitu dengan Menggunakan Fitur Hemat Data. Cara ini tergolong sudah umum dilakukan. Dengan melakukannya di beberapa aplikasi yang memang memiliki fitur ini. Jadi tidak semua aplikasi memiliki fitur hemat data. Salah satu aplikasi yang sering digunakan adalah Google Chrome. Jika kamu tidak tahu, aplikasi ini sebenarnya memiliki fitur hemat data di dalamnya. Dengan menggunakan metode/ fitur Data Saver , kamu akan mendapatkan layanan yang akan memanjakanmu dengan hemat kuota lebih dari 50%. Fungsinya yaitu mengompres halaman yang ukurannya relatif kecil, sehingga kuota yang dibutuhkan akan kecil pula.

Selain Google Chrome, aplikasi yang memiliki fitur ini adalah Instagram. Jadi cocok untuk kamu yang suka aktif di media Instagram. Untuk melakukan hemat data ini, silakan lakukan cara sebagai berikut. Dengan membuka aplikasi Google Chrome > menu Pengaturan (setelan) > menu Penghemat Data > menu Aktifkan Data Saver. Hal tersebut dilakukan di aplikasi yang sudah tertera, jadi jika kamu melakukannya di aplikasi lainnya, cara dan langkahnya hampir mirip. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba.

8. Gunakan Aplikasi Opera Max

Langkah selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah dengan Menggunakan Aplikasi Opera Max. Apakah Opera Max itu? Aplikasi ini merupakan aplikasi yang hampir sama cara kerjanya seperti aplikasi browser lainnya. Dengan membuka internet dan semecamnya di sini. Aplikasi Opera Max ini hampir sama dengan aplikasi Google Chrome, ia memiliki fitur Data Saver juga di dalamnya. Hanya saja penghematannya masih kalah dengan Google Chrome, aplikasi ini hanya mampu menghemat 40-50% data saja. Kamu dapat mendownload di Google Play Store jika kamu ingin memiliki aplikasi ini. Selamat mencoba.

9. Minimkan Penggunaan Sosial Messenger

Hal yang dapat kamu lakukan selanjutnya adalah dengan Meminimkan Penggunaan Sosial Messenger. Jika kamu tidak tahu, hal inilah yang menyebabkan datamu cepat habis. Meskipun ukuran apikasinya tergolong kecil, tetapi daya sedot data sangat kuat karena selalu mengirimkan notifikasi/ pemberitahuan setiap saat.

Ada bermacam-macam jenis dari messenger seperti whatsapp, Instagram, BBM, Line, Facebook Messenger, WeChat, Path, IMO, Telegram, dan lain-lain. Aplikasi di atas boleh dikatakan sebagai neraka kuota, apalagi aplikasi Instagram, jika kamu tidak memiliki data yang banyak, dalam sekejap kuota kamu akan lenyap tiada tersisa. Selamat mencoba.

10. Matikan Penggunaan Data di Beberapa Aplikasi

Langkah yang terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan Mematikan Data di Beberapa Aplikasi. Dengan cara ini, kuotamu tidak akan terbuang sia-sia karena pemberitahuan yang tidak penting. Bagaimana caranya? Dengan membuka menu Pengaturan (setelan) > menu SIM Ganda dan Jaringan Seluler > pilih aplikasi yang akan kamu non-aktifkan. Sangat mudah bukan? Selamat mencoba.

Itulah beberapa langlah yang dapat kamu lakukan. Sebenarnya banyak cara yang dapat digunakan untuk dapat menghemat kuota 4G mu. Tetapi cara tersebut yag sering digunakan. Sekian pembahasan dari kami mengenai 10 Tips Hemat Kuota Data 4G Di Android. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya.