IOS

Ini Adalah Cara Mudah Untuk Memeriksa IMEI IPhone 2022

 

Cara Memeriksa IMEI iPhone

 

Tidak semua iPhone masuk ke Indonesia melalui reseller resmi, untuk memastikannya Anda perlu mengecek nomor IMEI.

Mengecek nomor IMEI juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan saat membeli gadget iOS bekas. IMEI adalah akronim populer untuk International Mobile Equipment Identity, yang merupakan nomor ID 15 digit di iPhone Anda.

Beragam fitur baru yang keren membuat iPhone 14 series banyak dicari. Produk akan tersedia mulai 16 September 2022.

Meski begitu, produk tersebut tidak serta merta resmi dirilis di Indonesia. Biasanya, iPhone baru tidak langsung datang, tetapi beberapa bulan setelah peluncuran resminya.

Nah, setelah peluncuran ini, biasanya banyak iPhone BM tidak resmi di Indonesia. Tidak resmi berarti bahwa produk tersebut tidak dikenakan bea masuk. Sistem Indonesia sendiri akan memblokir ponsel yang tidak sah.

Pada artikel ini, TentangSeluler menjelaskan cara memeriksa IMEI iPhone di situs web resmi MIIT. Dengan cara ini Anda dapat mengetahui apakah iPhone yang Anda beli bukan BM dan tersedia di Indonesia.

Jadi, bagaimana Anda memeriksa IMEI iPhone dan perangkat Apple lainnya?

Periksa nomor yang tercetak di bagian belakang bodi.

Apakah Anda membeli iPhone dari Apple Store resmi? Jika Anda membeli seri iPhone 5 atau lebih baru, Anda dapat menemukan nomor seri di bagian belakang bodi iPhone. Nomor seri IMEI yang ditempel di belakang unit utama dapat ditemukan di iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPhone SE, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPad Pro, iPad, dan iPod touch.

Jika Anda memerlukan nomor IMEI untuk memeriksa data selama A/S, lihat saja nomor di bagian belakang casing iPhone.

Apa peran nomor IMEI? Nomor IMEI adalah nomor identifikasi yang mewakili indikator waktu produksi.

 

Cek IMEI iPhone dari slot kartu SIM

Tidak menemukan nomor IMEI pada bagian belakang bodi iPhone? Jika hal ini terjadi, mungkin seri gadget Apple kamu merupakan seri lama. Posisi nomor IMEI pada iPhone mungkin tertera pada bagian slot kartu SIM.

Jadi, kamu hanya perlu membuka slot kartu SIM di bagian sisi iPhone. Sebelumnya, pastikan iPhone kamu dalam keadaan non-aktif. Jika slot kartu SIM sudah dilepas, kamu bisa memeriksa nomor IMEI yang tertera pada lempeng logam kartu SIM. Ingat, nomornya ada 15 digit ya.

Cara ini berlaku untuk iPhone 6s Plus hingga versi terbaru yah, yakni seri iPhone 12.

Menekan nomor layaknya mengecek sisa pulsa

Untuk berjaga-jaga agar tidak kerepotan ketika HPkamu bermasalah, kamu bisa cek nomor IMEI dari sejak pertama kali membeli HP. Hal ini mempermudah kamu agar tidak panik mencari kardus kemasan.

Bagaimana cara mengeceknya? Kamu hanya perlu membuat panggilan telepon dengan menekan tombol *#06# dan tekan tombol dial. Setelah itu, akan muncul dialog box baru yang berisi 15 digit nomor seri IMEI untuk kamu catat dan simpan baik-baik.

Nomor IMEI tertera pada kemasan iPhone

Jika kamu ingin melacak iPhone yang hilang? Ketika HP kamu hilang, masih ada cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor IMEI. Periksa kembali dus kemasan iPhone kamu, biasanya nomor IMEI juga dicetak pada bagian dus.

Selain mengetahui nomor IMEI, menyimpan kardus kemasan HP juga bisa bermanfaat ketika kamu akan menjual HP bekasmu. Sebaiknya, kardus kemasan HP disimpan dengan baik agar mempermudah keperluan setelah pembelian.

Baca juga:Ketahui Fungsi IMEI iPhone, Untuk Apa Saja?

Periksa nomor IMEI dari menu pengaturan

Apakah nomor IMEI tersimpan pada sistem gadget iOS kamu? Iya, tentu saja nomor IMEI tersimpan di dalam perangkat. Untuk melakukan pengecekan, kamu bisa masuk ke menu Settings>General>About, lalu temukan 15 digit nomor IMEI.

Selain itu, ada juga cara cek imei iphone lain yang bisa kamu lakukan dari desktop PC.

– Masuk ke dalam situs appleid.apple.com dari browser web

– Lakukan login dengan memasukkan ID Apple yang digunakan pada perangkat Apple yang ingin kamu cari tahu nomor serinya

– Scroll dan temukan pilihan ‘Device’ untuk melihat nomor seri dan IMEI. Klik untuk mengetahui nomornya.

Mengecek nomor seri IMEI dari iTunes

Selain mengakses menu pengaturan dari menu pengaturan iPhone, kamu juga bisa menemukan nomor seri IMEI melalui iTunes, bagaimana caranya?

– Sambungkan perangkat iOS kamu ke komputer, bisa laptop atau komputer desktop

– Buka aplikasi iTunes

– Klik nama perangkat yang ingin kamu lihat informasinya

– Untuk iPhone, klik nomor telepon untuk menampilkan IMEI

Cara cek IMEI di situs Kemenperin

Ini Alasan Kamu Harus Mengecek IMEI iPhone

Pemerintah sudah memberlakukan aturan blokir IMEI bagi HPblack market,termasuk iPhone. Oleh karena itu, ada baiknya kamu mulai mengecek IMEI ponselmu sendiri dari sekarang. Apakah ponselmu sudah terdaftar secara resmi atau ternyata merupakan produk black market atau BM? Berikut alasan kamu harus mengecek IMEI ponselmu sekarang!

1. Ponsel BM akan diblokir

Dampak dari penerapan regulasi nomor IMEI ini adalah pemblokiran ponsel yang didapatkan secara ilegal, alias BM. Jadi, saat aturan tersebut disahkan, ponsel-ponsel BM tidak bisa digunakan lagi.

Di Indonesia sendiri, iPhone banyak juga dijual oleh perorangan atau distributor non-resmi. Entah itu dibawa sendiri dari luar negeri atau diimpor sendiri.

Lantas, iPhone mana yang disebut BM? Jawabannya, kala iPhone tersebut tidak dibayarkan pajaknya. Jadi, ketika ada perorangan membawa masuk iPhone dari luar negeri, kemudian membayarkan pajaknya, perangkat tersebut termasuk legal. Dengan membayar pajak, iPhone tersebut bakal didaftarkan IMEI-nya ke database pemerintah.

Nah, jika kamu membeli iPhone bekas atau iPhone dari individu, ada baiknya mengecek IMEI terlebih dahulu melaluihttps://imei.kemenperin.go.id/. Nomor IMEI bisa kamu temukan dengan menggunakan cara-cara di atas. Jika terdaftar, langsung saja beli. Jika tidak, sebaiknya batalkan saja pembelian.

Baca juga: Pemblokiran IMEI Akankah Berdampak pada Pengguna HP BM?

2. Bukan hanya iPhone

Ponsel yang akan terdampak oleh regulasi IMEI ini bukan hanya iPhone, melainkan semua model ponsel dari semua produsen. Bahkan, belum tentu semua varian model ponsel yang sudah diimpor secara resmi juga dijual secara resmi.

Misalnya saja Xiaomi Mi A2. Model ponsel yang satu ini sejatinya resmi diimpor dan dijual di Indonesia. Namun, hanya varian dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan 32 GB serta 64 GB, yang dijual secara resmi. Sementara itu, varian 128 GB dan RAM 6 GB termasuk produk BM.

Jika kamu membeli varian yang tidak dijual resmi, ponsel tersebut akan terkena dampak pemblokiran saat regulasi IMEI diterapkan nanti. Tak hanya itu, kamu pun tak bisa menikmati garansi satu tahun di service center resmi brand yang bersangkutan.

3. Mendukung pemerintah

Pada dasarnya, pemerintah menerapkan peraturan untuk kebaikan bersama. Termasuk soal regulasi nomor IMEI ini. Bagaimana tidak? Maraknya pasar ponsel BM ternyata membuat negara merugi hingga triliunan rupiah. Kerugian tersebut diakibatkan oleh tidak adanya pembayaran pajak ke pemerintah.

Oleh karena itu, sebagai wujud dukungan kepada pemerintah, kita pun sebaiknya mengecek nomor IMEI ponsel masing-masing. Pastikan ponsel yang kamu beli memang sudah terdaftar secara resmi. Pastikan pula setiap transaksi yang kamu lakukan tidak merugikan negara.

Memang ada banyak smartphone menarik yang hanya tersedia di BM, misalnya Oneplus dan Google Pixel. Namun, dengan membeli model-model ponsel yang terdaftar secara resmi, kamu juga membantu para distributor. Selain itu, kamu juga bisa menikmati garansi yang mereka janjikan serta layanan purnajual penuhnya.

Itulah tadi alasan kamu perlu mengecek IMEI dan langkah-langkah untuk melakukannya di iPhone. Sudah tidak bingung lagi bukan?

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button