10 Cara Menjadikan Kamera Android Menjadi Fingerprint Yang Super Canggih

Hai sahabat browser? Lagi kebingungan mengenai kecangggihan telepon yang kamu punya. Memeng di era yang sudah semakin canggih dan modern ini, banyak berbagai teknologi yang telah berkembang dengan pesat. Salah satunya yaitu handphone. Handphone atau yang lebih dikenal sebagai hp/ ponsel ini tidak akan lepas dengan kehidupan manusia. Dengan berbagai fitur di dalamnya yang semakin canggih dengan beberapa kecanggihan lainnya, alat ini sangat membantu dalam segala bidang apapun.

Selain itu, dengan penggunaan ponsel terkadang beberapa orang sering merasa cemas dengan data yang akan bocor. Dengan berbagai cara telah digunakan, seperti menggunakan pola, pin, gesture, knock, password, pattent, dan lain-lain. Hal itu telah dilakukan, tetapi di era yang sekarang ini, hal tersebut sudahlah jadul dan telah umum digunakan oleh banyak ponsel yang dimiliki.

Ponsel jaman sekarang memanglah canggih-canggih dengan berbagai fitur-fitur keamanan yang ada. Dengan berubah namanya saja dari ponsel menjadi smartphone, dapat disimpulkan bahwa telepon ini benar-benar canggih dan dapat diandalkan. Tetapi tidak semua smartphone memilliki fitur keamanan yang sedang tren, yaitu fingerprint. Fingerprint adalah sebuah fitur yang akan mengamankan smartphone dengan cara kerja yang sangat mudah yaitu dengan hanya sidik jari saja.

Walaupun tidak dimiliki di semua ponsel, tetapi fingerprint  sudah dapat digunakan oleh beberapa ponsel yang pada awalnya tidak mempunyai fitur ini. Mengapa demikian? Kerena telah banyak perantara yang dapat dijadikan sebagai alat untuk mode pengaman ini. Untuk mempersingkat waktu, kami akan menjelaskan mengenai 10 Cara Menjadikan Kamera Android Menjadi Fingerprint. Selamat membaca.

Cara Menjadikan Kamera Android Menjadi Fingerprint

Melalui banyak perantara kamu dapat melakukannya. Tetapi kali ini pembasannya yaitu mengenai perantara yang dihasilkan oleh sebuah aplikasi. Dan kami kategorikan sebagai 10 aplikasi terbaik yang cocok untuk dijadikan sebagai fingerprint. Hal tersebut ialah sebagai berikut.

1. FINGERPRINT APPLOCK

Fingerprint Applock adalah sebuah aplikas yang telah dilengkapi berbagai kecanggihan di dalamnya. Dengan aplikasi besutan dari SUDX ini berfungsi sebagai pengaman berbagai apalikasi yang terpasang pada ponsel/ smartphone dengan menggunakan sidik jari saja. Aplikasi Fingerprint juga sangat diminati, apalagi yang sangat membutuhkan kecanggihan ini. Apalikasi ini sangat dapat dipercaya, karena tidak ada yang dapat membuka aplikasi-aplikasi tersebut kecuali kamu sendiri dengan sidik jarimu. Karena untuk membuka aplikasi yang telah kamu atur sebelumnya dan telah terkunci, Fingerprint Applock sangat membutuhkan sidik jarimu. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa khawatir dengan data-data yang telah kamu simpan di dalamnya.

Selain itu, Fingerprint Applock adalah cara terbaik untuk mengamankan aplikasi dan datamu dengan tanpa rasa takut tidak dapat membukanya. Selagi tanganmu masih ada, mode pengaman ini dapat dibuka. Jadi tenang saja? Kamu akan merasa ringan dengan tidak menghafal suatu bidang, seperti menghafal pola, atau menghafal password. Akan menjadi kendala utama yang menjadi permasalahanmu jika kamu lupa akan tersebut.

Kemudian, keunggulan lainnya yaitu aplikasi ini sangatlah ringan untuk smartphone dan sangatlah mudah untuk digunakan. Lalu, aplikasi ini juga sangat lancar dalam penggunaannya di segala macam ponsel android. Supaya dapat berjalan baik tanpa terkendala, aplikasi ini membutuhkan medium untuk dapat digunakan semestinya, yaitu kamera yang memiliki sebuah fitur autofocus. Supaya dapat membuat kamu puas dengan aplikasi ini, Fingerprint Applock juga menyediakan berbagai layanan lainnya. Seperti turut menyediakan opsi lainnya, yaitu berupa pattern, password, dan PIN, yang mungkin dapat membantumu. Selain itu, kamu juga dapat mengajak kerabatmu atau orang lain untuk bergabung dalam penggunaan aplikasi Fingerprint Applock dengan memenfaatkan fitur Share This. Untuk dapat melakukan dan menggunakan aplikasi ini kamu harus melakukan beberapa cara yaitu sebagai berikut.

  1. Langkah pertama adalah pastikan kamu sudah memiliki aplikasi ini.
  2. Kemudian buka dan baca keterangan yang dicantumkan.
  3. Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah memastikan jika kamu sudah mengaktifkan atau menghidupkan Accessibilitty Service di perangkat smartphone kamu. Jika kamu belum tahu tentang hal tersebut, simak berikut ini. “ Kamu perlu masuk ke menu pengaturan (setting), kemudian carilah Accessibility. Setelah itu, pilihlah Accessibility Service dan cari Fingerprint Applock yang kemudian ubah alurnya, yaitu dari off ke posisi on. Jika telah selesai, aplikasi ini siap untuk digunakan dan kamu dapa mencobanya.
  4. Langkah keempat yaitu buka aplikasi. Setelah itu, kamu harus melakukan pengaturan dulu dengan mendaftarkan salah satu yang bertujuan untuk pembuka kunci aplikasi tersebut.
  5. Langkah kelima yaitu pilih saja menu yang ada di halaman depan (utama) aplikasi tersebut, yaitu dengan memilih menu Finger Enroll. Setelah itu kamu akan dibawa pada halaman aplikasi selanjutnya yaitu mengenai informasi tata cara penggunaan aplikasi ini.
  6. Langkah keenam yaitu kamu akan disuguhi halaman selanjutnya dengan penyidikan jari. Saran saja, untuk memudahkan saja saat sidik jari, gunakanlah jari pada tangan kirimu. Setelah selesai, kamu akan pindah lagi dan berisi mengenai pengaturan panel pemindai sidik jari.
  7. Selanjutnya, kameramu (utama) yang berada di belakang akan hidup secara otomatis beserta lampu LED yang ada di belakangnya. Setelah itu, letakkan sidik jarimu di kemera tersebut dan tunggu prosesnya. Dan jika proses tersebut berhasil dilakukan, maka panel tersebut yang ada di kamera akan berubah warna menjadi hijau.
  8. Setelah proses itu dilakukan, kamu akan dihadapkan pada sebuah pengulangan sidik jari yang bertujuan untuk memastikan bahwa sidik jari yang digunakan benar-benar milik kamu yaitu sebanyak 7 kali. Jika kamu berhasil, kamu akan medapatkan informasi (pesan) yang terletak di pojok kanan bawah layar yang berupa perintah Use This Fingerprint. Setelah kamu menekan tombol tersebut, artinya kamu menyetujui jika Fingerprint menjadi alat pengamanmu.

Itulah cara yang akan membuatmu dapat menggunakan aplikasi Fingerprtint ini. Dengan melakukannya kamu juga dapat mencoba beberapa fitur yang ada di aplikasi ini, seperti kamu dapat merubah tampilan dengan merubah-ubahnya. Sangat pas untuk digunakan dan cobalah untuk digunakan di smartphonemu. Setelah ini, jika kamu menggunakan aplikasi ini, kamu akan dihadapkan pada pilihan setiap kali kamu membuka palikasi yang kamu kunci dengan pilihan PIN, sidik jari, atau pattern. Sangat simple bukan? Selamat mencoba.

2. FINGERPRINT APPLOCK REAL

Fingerprint Apploc adalah sebuah aplikasi yang hampir mirip dengan pembahasan sebelumnya. Yang membuat mirip yang pertama adalah nama yang sama-sama Fingerprint Applock dan yang ke dua yaitu pengaturannya hampir mirip dengan aplikasi besutan SUDX. Tetapi ini beda, aplikasi ini merupakan alat pengunci garapan atau besutan FP Solution yang merupakan hal baru.

Fingerprint Applock Real merupakan aplikasi yang tergolong ringan. Dengan ukuran 14 MB, tidak akan menghabiskan ruang eksternal yang ada di ponselmu. Selain itu, aplikasi ini juga dapat kamu download secara gratis di Google Play Store atau App Store di ponselmu. Jika kamu tertarik dengan apa yang disajikan dengan aplikasi ini kamu dapat men-download-nya dan dengan cara-cara yang sangat mudah untuk dilakuakan yaitu sebagai berikut.

  1. Langkah pertama yaitu download terlebih dahulu aplikasi ini.
  2. Setelah itu instal dan lalu buka aplikasinya.
  3. Langkah ketiga, kamu akan dihadapkan pada tutorial singat di halaman utama aplikasi ini dengan informasi cara penggunaannya. Setelah itu, kamu akan dihadapkan pada halaman berikutnya dan yang pastinya mudah untuk dilakukan dan hampir mirip dengan pengaturan yang ada pada Fingerprint Applock.
  4. Langkah keempat, kamu akan dihadapkan pada halaman lainnya, yaitu terdapat menu-menu yang terdiri atas dua baris. Baris pertama yaitu berisi mengenai alat penguncian yang dipilih untuk pengamanan. Seperti pilihan sidik jari, pattern, atau PIN. Dan pilihan baris kedua yaitu berisi mengenai kumpulan menu-menu yang terdiri dari lock, on/ off, and share. Untuk menu yang kamu pertanyakan, yaitu pengaturan (setting) berada di pojok kanan atas.
  5. Jika kamu memilih dan menggunakan sidik jari sebagai pilihanmu, kamu perlu memilih menu Finger Enroll. Setelah itu kamu akan dibawa pada halaman berikutnya. Setalah berada di halaman ini, kamu akan melakukan cara yang hampir mirip dengan pengaturan yang ada di aplikasi sebelumnya yaitu Fingerprint Applock. Kamu juga disarankan untuk memakai tangan kiri sebagai sidik jarinya. Minimal 5 cm di atas layar pada penggunaan jarinya. Jika berhasil akan ada perubahan pada warna yang dihasilkan yitu berubah pada warna hijau.
  6. Langkah keeman yaitu kamu akan melakukannya kembali sebanyak 7 kali untuk memastikannya yang merupakan hal yang sama dilakukan di aplikai sebelumnya. Dan yang seterusnya akan terjadi hal yang sama pula, yaitu mendapat pesan yang berupa Use This Fingerprint dan seterusnya.

Itulah hal-hal yang dapat kamu lakukan dan sangat mudah untuk dilakukan. Selain dapat menggunakannya dengan cara yang mudah, aplikasi ini berniat agar dapat bermanfaat bagi penggunanya. Selamat mencoba.

3. REAL HOME BUTTON FINGERPRINT

Real Home Button Fingerprint adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menggunakan sidik jari jika di androidmu tidak tersedia. Aplikasi ini cukup populer keberadaannya dimana banyak yang menggunakan aplikasi ini sebagai media untuk mencoba fitur fingerprint. Banyak yang beranggapan bahwa aplikasi ini yang terbaik. Karena aplikasi ini sdapat digunakan dalan segala android. Dengan cara kerja yang sangat mudah tentunya, sangat membantu sekali yang mengingikan fitur ini.

Real Home Button Fingerprint memiliki cara kerja yang beda dengan aplikasi yang lain. Dengan mengetahu sidik jari pada tombol tengah android dan dideteksi oleh kamera depan ponsel. Tetapi kekurangannya, aplikasi ini hanya dapat digunakan pada tampilan halaman utama ponsel atau secara singkatnya tidak dapat digunakan pada aplikasi lain.

Selain itu, fitur di dalam aplikasi ini juga terdapat menu Share This. Di mana kamu dapat mengajak temanmu untuk sama-sama menggunakan aplikasi ini. Lumayan canggih bukan? Kemudian jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini, kamu dapat melakukan beberapa cara di bawah ini.

  1. Langkah pertama yaitu download aplikasi ini sebelum kamu menggunakannya di ponselmu.
  2. Langkah selanjutnya yaitu dengan membuka aplikasi yang telah diunduh tadi.
  3. Kemudian pilihlah menu awal yaitu Start Button untuk mengawali sekaligus membuka aplikasi ini.
  4. Setelah itu, kamu akan dibawa pada halaman dimana kamu harus meletakkan jarimu di atas penyidikan atau pengecekan. Tunggu sekitar 10 detik untuk menyelesaikan proses pengecekan.
  5. Setelah proses itu selesai, masukkan password yang kamu pikirkan. Setelahnya selesai sudah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi ini.

Itulah yang disediakan untuk meelengkapi syarat-syarat yang telah ditentukan. Sangat mudah dan tentunya dapat digunakan siapa pun. Kemudian, kamu juga dapat mencoba fitur-fitur di dalamnya, seperti dapat mengganti tampilan. Walaupun tidak banyak, tetapi aplikasi ini memiliki kelebihan yaitu tampilannya yang datar dan elegant, mudah untuk digunakan, dan tidak memboroskan baterai. Selamat mencoba.

4. IOBIT APPLOCK

IObit Applock adalah salah satu aplikasi yang akan membantumu berikutnya. Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi yang digarap atau dibesut oleh perusahaan komputer terkenal yaitu IObit. IObit adalah perusahaan keamanan terkenal dan populer dalam dunia komputer. Jadi kamu tidak akan merasa khawatir karena sudaha adanya IObit ini untuk melindungi android kamu.

Selain itu, kamu dapat juga mengunci ini dengan mudah tanpa ada kesulitan dan akan menghalangi ponsel kamu digunakan oleh orang lain. Kabar baiknya, aplikasi ini dapat digunakan pada segala macam jenis ponsel android. Ukurannya pun tidak besar dan tergolong ringan. Jadi tidak akan menghabiskan ruang penyimpananmu. Jika kamu tertarik dengan aplikasi ini, silakan coba dan gunakan dengan mengikuti cara di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengaunduh aplikasi yang telah ditentukan.
  2. kemudian langkah kedua adalah dengan membukanya dan memahami keterangan yang ditampilkan.
  3. Langkah ketiga adalah kamu akan dihadapkan pada halaman awal yaitu kamu harus mengetik sebuah PIN untuk membuka kunci terlebih dahulu. Lalu kamu disuruh untuk mendaftarkan sebuah sandi yang bertujuan untuk mehapus perlindungan ini jika suatu saat kamu inginkan.
  4. Setelah itu, kamu dapat memilih aplikasi mana yang akan kamu kunci dan memberikan fitur keamanan untuk aplikasi lain. Setelah selesai, berakhirlah sudah langkah-langkah yang kamu lakukan. Dan jika kamu memulai untuk membuka aplikasi yang kamu kunci, kamu akan dihadapkan pada sebuah jendela baru, di mana kan memintamu memasukkan sandi yang telah kamu daftarkan. Pastikan kamu mengingtnya, jika tidak kamu tidak akan bisa membukanya.

Itulah cara mudah dalam menggunakan IObit Applock ini. Dengan begitu, ponsel kamu akan aman dari tangan-tangan jahil yang akan mengusilimu. Tetapi ada kemungkinan bahwa aplikasimu dapat dibuka jika kamu memberikan kata sandimu. Sangat simple bukan?

Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang akan menjamumu, seperti dilengkapi dengan adanya mode penundaan yang akan menghindari frekuensi unlock. Frekuansi Unlock adalah sebuah mode tiruan yang akan menjebak tangan-tangan jahil yang menginginkan untuk membuka aplikasimu. Mereka akan berusah untuk menebak-nebak kata sandinya. Selain fitur itu, masih banyak lagi fitur yang bisa kamu pakai. Selamat mecoba.

5. FINGERSECURITY

FingerSecurity adalah sebuah aplikasi yang memiliki segudang fitur yang akan membantumu dalam mengamankan ponselmu. Aplikasi ini sangat diminati banyak orang. Dengan cara mendownload yang mudah dan dapat digunakan secara mudah pula, aplikasi ini dapat mengunci segala aplikasi apapun yang ada di ponselmu.

Selain itu, FingerSecurity juga mempunyai kemampuan untuk membuka 2 atau 3 bahkan lebih aplikasi secara bersamaan atau sekaligus. Dan yang menarik lainnya, kamu dapat menerapkan kata kunci yang berbeda setiap aplikasi yang ada. Sangat menarik bukan? Tetapi jangan khawatir jika kamu melupakan kunci yang berbeda itu. Kamu dapat menerapkan atau menggunakan kunci utama sebagai alternatifnya. Cara penggunaanya sangat mudah, yaitu dengan melakukan hal berikut ini.

  1. Langkah pertama lakukan download aplikasi ini di dalam ponselmu.
  2. Lalu lakukan penginstalan aplikasi dan membukanya.
  3. Setelah itu, kamu akan dihadapkan pada halaman utama yang harus kamu lakukan beberapa langkah sebagai syarat. Kemudian selesailah cara-cara tersebut.

Sangat simple bukan? Sebenarnya kamu tidak butuh panduan, karena cara yang digunakan sangat mudah dan dapat dilakukan siapapun. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur yang akan memanjakanmu, seperti menambahkan fitur pengucian ganda dan aplikasi ini tidak dapat langsung diun-instal di dalam ponselmu. Sebelum kamu melakukannya, kamu harus membuka kunci utama terlebih dahulu. Jadi kamu tidak akan merasa takut jika ponselmu dibawa orang lain. Selamat mencoba.

6. ICE UNLOCK

ICE Unlock adalah sebuah aplikasi yang akan jadi referensimu berikutnya. Dengan beberapa kecanggihan yang ada di dalamnya, mungkin dapat membantumu dalam mengamankan aplikasi-aplikasi yang ada di ponselmu.  Aplikasi ini didukung oleh adanya ONYX. ONYX adalah sebuah fitur yang sangat memungkinkan bahwa ponselmu hanya dapat kamu buka dengan sidik jarimu saja dengan memotret gambar sidik jarimu. Jadi, aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk membuka aplikasi lainnya yang ada di ponselmu saja. Dengan pengaturan ganda tersebut, akan sangat membantumu dalam pengamanan. Satu aplikasi dua pekerjaan. Sangat hemat dan tepat tentunya. Jika kamu ingin menggunakan aplikasi FingerSecurity ini, kamu harus melakukan beberapa langkah terlebih dahulu sebagai berikut.

  1. Langkah pertama yaitu download rterlebih dahulu aplikasi ini, lalu instal dan buka.
  2. Langkah kedua yaitu kamu akan dihadapkan pada halaman utama dengan adanya tutorial sedikit untuk membimbingmu. Setelah itu, kamu dapat memulainya dengan meletakkan jarimu ke kamera bagian belakang. Jari kiri sebagai saran untuk penyidikan ini. Kemudian tekan kamera untuk memotret gambar.
  3. Langkah ketiga yaitu tunggu proses yang dilakukan sekitar beberapa detik. Setelah itu, selesailah proses yang kamu lakukan dan kamu dapat menggunakan fitur aplikasi ini.

Itulah yang terdapat pada aplikasi ini. Denga  fitur-fitur yang disediakan, kamu akan terbantuk karena aplikasi ini. Aplikasimu akan aman dari tangan-tangan usil. Selmata mencoba.

7. FINGERPRINT LOCK 2017

Fingerprint Lock 2017 adalah sebuah aplikasi yang etrgolong baru dan baru dikeluarkan. Seperti namanya yaitu tahun 2017. Meskipun begitu, aplikasi ini sangat populer dan telah banyak digunakan oleh banyak orang apalagi remaja yang suka akan privasi ponselnya. Sama seperti aplikasi pada umumnya yaitu sidik jari, tetapi aplikasi ini sangat unik dan mudah dalam penggunaannya.

Aplikasi Fingerprint Lock 2017 merupakan aplikasi yang dapat digunakan walaupun tidak dengan perantara dukungan fingerprint. Tetapi dengan peringtan dan catatan harus menggunakan OS Android minimal ukuran 6.0.. sedangkan untuk kelemahannya, aplikasi ini hanya dapat digunakan untuk lock and unlock. Tetapi jangan khawatir, jika kamu tertarik dengan aplikasi ini, download saja di ponselmu dengan ukuran yang tergolong ringan dan tidak terlalu menghabiskan ruang penyimpananmu. Selamat mencoba.

8. FINGERPRINT LOCK PRANK

Fingerprint Lock Prank adalah aplikasi yang bermodel aplikasi fingerprint. Jangan terkecoh walau sudah melihat gambaran dari aplikasi ini. Aplikasi ini bukan sebenarnya aplikasi sidik jari yang sebenarnya. Aplikasi Fingerprint Lock Prank adalah aplikasi yang dibuat untuk kamu yang suka jahil dan iseng-iseng saja. Dengan mngubah tampilan layar/ halamn utama yang seolah-olah terdapat fingerprint di dalamnya. Sehingga temanmu atau yang lainnya akn merasa kebingungan dengan apa yang telah mereka lakukan. Dengan terus mencoba dan aplikasi ini juga terlengkapi dengan suara efek yang terdengar sama dengan fingerprint yang asli. Selamat mencoba.

9. FINGERPRINT QUICK ACTION

Fingerprint Quick Action adalah sebuah aplikasi yang memang benar keberadaanya. Maksudnya, tidak termasuk aplikasi fingerprint yang sama dengan pembahasan sebelumnya. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sangat mudah dalam penggunaanya. Dengan fitur terbatas dan sangat sederhana yaitu dengan pada fitur sensor sidik jari saja. Pilihannya hanya pada aplikasi ini jika kamu mau. Ukuranyapun lumayan ringan dan sangat ramah akan ruang penyimpananmu.

Kamu mungkin tidak aka mebutuhkan panduan untuk membuka aplikasi ini. Dengan cara yangn mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun. Dalam penggunaannya, kamu cukup swipe atau tap layar saja untuk dapat membukanya. Aplikasi ini juga menyediakan fitur, di mana didukung dengan fitur sleep, go home, go back, show power menu, show recent apps, expand notificationpanel, dan juga terdapat launch app or shocut. Jika kamu ingin menggunakan aplikasi ini, download saja aplikasi ini di ponselmu. Selamat mencoba.

10. FINGERPRINT LOCK SCREEN

Fingerprint Lock Screen adalah aplikasi yang kami sarankan berikutnya dan merupakan aplikasi terakhir terbaik menurut kami. Aplikasi ini memberikan kamu untuk mengunci tombol dan hanya dengan memberikan akses setelah scan sidik jari kamu lakukan. Aplikasi ini merupakan alat yang mudah untuk digunakan. Dengan segala fitur di dalamnya, kamu akan menikmati dan akan diamankan datamu oleh aplikasi ini.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, kamu harus mendownloadnya terlebih dahulu pada ponselmu. Dan setelah kamu melakukannya, ada beberapa langkah yang mungkin nanti kamu bingung, seperti  untuk membuka kunci, letakkan dan tekankan jarimu pada lampu indikator di samping scan sekitar 2 detik, hingga lampu indikator berkedip/ berganti menjadi hijau.

Aplikasi ini akan mendukung sekali untuk ponsel android yang tidak memiliki fingerprint. Tetapi hanya bekerja pada OS Android 2.3. atau lebih saja. Itulah yang terdapat pada aplikasi ini dan jika kamu tertarik download saja. Selamat mencoba.

Terdapat banyak sekali aplikasi yang digunakan untuk perantara fngerprint. Kemungkinan kamu akan bingung untuk memilih aplikasi mana yang akan digunakan. Itulah saran kami mengenai pembasan 10 Cara Menjadikan Kamera Android Menjadi Fingerprint. Setelah itu, kami sangat membutuhkan saran dan masukan untuk kesempurnaan postingan kami selanjutnya. Mohon maaf jika ada kesalahan di sana-sini. Terus ikuti postingan terubdate kami. Sampai jumpa sahabat?