Cara mengecilkan ukuran file PDF Terbaru

Cara mengecilkan ukuran file PDFSiapa sih yang tak pernah menggunakan file berformat PDF? Anda yang sering berhubungan dengan dokumen jelas familiar dengan format yang dikembangkan oleh International Organization for Standardization ini. PDF sendiri banyak disukai karena tak hanya mampu menyimpan atau menampilkan gambar dan teks, namun juga bisa mengenali hyperlinks, embedded fonts, dan lain sebagainya.

Format PDF sendiri dapat disimpan di berbagai tempat, mulai hardisk eksternal hingga layanan penyimpanan awan.  Nah seringkali format file terlalu besar sehingga membuat wadah penyimpanan terasa sesak. Jika ini masalah Anda, mari menyelesaikannnya dengan mengompres atau mengecilkan ukuran file PDF.

Well jika belum tahu langkahnya, berikut adalah cara mengecilkan ukuran file PDF paling cepat dan efektif dari tentangseluler.com:

Cara mengecilkan ukuran file PDF

  • Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Menggunakan smallpdf.com

Salah satu cara memperkecil ukuran file PDF menjadi 300kb atau sekedar cara kompres file pdf menjadi kecil tanpa software dapat dilakukan dengan memanfaatkan internet melalui situs smallpdf.com. Langkah yang perlu dilakukan, antara lain:

  1. Siapkan file PDF yang akan Anda kecilkan
  2. Hidupkan laptop atau personal computer, kemudian sambungkan dengan layanan internet
  3. Cara mengecilkan ukuran file PDF selanjutnya adalah dengan mengetikkan com pada address bar
  4. Anda akan dihadapkan pada tampilan utama situs tersebut, carilah icon besert keterangan berisi “Letakkan PDF Disini” kemudian pilih file yang akan dibuat kecil. Selain dari penyimpanan eksternal, Anda juga bisa mengambil file dari DropBox ataupun Google Drive.
  5. Tunggu beberapa saat hingga situs selesai memproses file

Selain smallpdf.com sebenarnya ada banyak situs lain yang menawarkan cara kompres file PDF menjadi kecil lho. Kamu tinggal mencarinya menggunakan search engine yang biasa digunakan ya!

  • Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Menggunakan Adobe Acrobat Pro

Terdapat banyak cara mengecilkan ukuran file PDF yang bisa Anda coba dan sesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda mencari cara memperkecil ukuran file PDF offline, maka menggunakan Adobe Acrobat Pro adalah salah satu jalan keluar.

Hmmm, bagaimana sih cara menggunakan aplikasi ini? Berikut adalah langkah selengkapnya:

  1. Siapkan file yang akan Anda kecilkan terlebih dahulu
  2. Anda dapat mengunduh aplikasi ini jika tidak memilikinya di PC atau laptop
  3. Buka aplikasi Adobe Acrobat Pro
  4. Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan memilih menu “File” di pojok kiri atas
  5. Pilih opsi “Open” untuk membuka file yang akan dikecilkan
  6. Setelah file terbuka, pilih opsi “File” sekali lagi lalu pilih “Save As Other”
  7. Anda akan dihadapkan pada beberapa pilihan, klik “Reduced Size PDF”
  8. Anda akan dihadapkan pada sebuah kotak dialog, lalu pilih “Make Compatible With”. Scroll kebawah dan pilihlah versi Acrobat Reader paling baru
  9. Anda hanya perlu memilih lokasi yang akan digunakan untuk menyimpan file yang telah dikecilkan
  10. Namai file terbaru jika ingin membedakan dengan file aslinya
  11. Anda tinggal memilih save, lalu voila dokumen akan tersimpan dalam format baru yang tentunya lebih kecil dari yang lama.

Hmmm, cara menggunakan Acrobat Reader Pro ini cukup mudah ‘kan? Anda tidak perlu repot tersambung dengan layanan internet karena aplikasi ini bisa digunakan kapanpun sesuka hati dan sesuai kebutuhan. Oh iya, Acrobat Reader Pro adalah aplikasi berbayar namun Anda bisa mencoba versi trialnya yang disediakan dalam kurun waktu tertentu.

  • Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Menggunakan Microsoft Word

Bagi Anda yang memiliki aplikasi Office 2013 ke atas maka Anda dapat memanfaatkan Microsoft Word 2013 tersebut untuk mengurangi ukuran file pdf. Berikut adalah cara kerjanya:

  1. Buka Microsoft Word 2013 kemudian Pilih File – Open dan cari file PDF Anda.
  2. Ketika Anda membuka file pdf di Microsoft Word 2013, maka secara otomatis file tersebut akan diconvert ke format word terlebih dahulu. Jika ada pop up pemberitahuan klik OK untuk melanjutkan.
  3. Setelah dokumen terbuka, Save As file tersebut kembali menjadi format PDF dengan cara pilih File – Save As (atau CTRL+S).
  4. Pilih Save as type : PDF (*.pdf) dan Optimize for : Minimum size (publishing online), kemudian klik Save untuk menyimpan.
  • Cara Mengecilkan Ukuran File PDF Menggunakan Orpalis PDF Reducer Free

Berikut adalah alternatif keempat yang sangat cocok bagi Anda yang ingin mengecilkan ukuran file PDF dengan menggunakan software gratis, mudah digunakan dan aman karena Anda tidak perlu upload file seperti saat kompres online di smallpdf.com. Berikut adalah langkah-langkah penggunaannya:

  1. Download dan install software gratis ini terlebih dahulu pada link yang sudah disediakan, yaitu http://www.orpalis.com/products/pdfreducer/download/ (pilih yang free). Ukurannya sekitar 14 MB.
  2. Jalankan aplikasinya, tunggu 7 detik kemudian klik “OK“.
  3. Saat pertama kali menjalankan buka OptionsTab General kemudian di bagian Input Mode pilih Files selection lalu Apply.
  4. Cari file PDF yang ingin dikompres dengan cara klik pada Source. Kemudian pada Destination tentukan dimana Anda akan menyimpan file yang dihasilkan nantinya.
  5. Terakhir, untuk memulai proses kompres, klik pada tombol “Start Batch” dan tunggu sampai selesai.

Dari beberapa cara di atas tersebut, memang masing-masing cara selalu menghasilkan kualitas dan juga ukuran file yang berbeda, Apabila dilihat dari urutan perbandingan berikut ini pada opsi yang paling atas merupakan pilihan yang mampu menghasilkan file PDF terkecil dan dengan kualitas yang bagus.

  1. com
  2. ORPALIS PDF Reducer
  3. Adobe Acrobat Pro
  4. Microsoft Word 2013

Smallpdf merupakan pilihan yang terbaik untuk Anda jika dilihat dari kemampuannya untuk mengecilkan ukuran file PDF. Kemudian urutan kedua disusul dengan Orpalis PDF Reducer, lalu Adobe Acrobat Pro, dan yang terakhir adalah Microsoft Word 2013.

Hmmm, beberapa cara mengecilkan ukuran file PDF tersebut cukup mudah dilakukan ‘kan? Tak perlu bingung dan repot karena dokumen terlalu besar lagi ya sebab semua bisa disesuaikan! Selamat mencoba.